Total Tayangan Halaman

Rabu, 02 Oktober 2013

MUSIM PANAS TIBA BENCANA KEBAKARAN PUN SIAP MENGHADANG

Ass. wr.wb
       Hallo sobat , beberapa hari terakhir ini , panas mulai sangat  menyengat nih didaerah saya , artinya musim panas pun mulai tiba ,bagi para pekerja dilapangan walau panas menyerang tetap semangat ya ^_^. dan bagi para pengusaha ikan asin , semoga sukses dengan ikan asinnya.
       Walaupun hari panas , namun sebagian besar banyak yang bersyukur dengan adanya panas , kenapa ? salah satunya pekerjaan mereka jadi cepat selesai, karena tidak terkendala hujan. tapi  sebagian lagi banyak juga yang mengeluh ,contoh seperti petani , biasanya dimusim panas begini mereka mengeluh karena kekurangan air bagi tanaman mereka . 
        Diantara semua hal negatif saat terjadi musim panas , ada sesuatu yang paling sering terjadi yang bila terjadi akan menimbulkan tangisan luka yang mendalam, yaitu kebakaran yang merenggut harta ,  nyawa , dan sesuatu yang paling berharga. Bukti nyata yang ada didaerah saya , sudah 3 hri ini terjadi kebakaran berturut -turut yang membuat para korban harus merelakan harta mereka. Jadi sobat, disini bukan maksud saya menggurui ,  saya cuma saling mengingatkan agar kita selalu berhati-hati agar hal yang tidak kita inginkan itu tidak terjadi . 
        Dan hal yang dapat kita lakukan mengantisipasi kejadian tersebut diantaranya :
  • Matikan peralatan listrik yang kurang dibutuhkan ,
                    Alasannya  agar mengurasi resiko terjadi konsleting , karena biasaya kebakaran juga terjadi karena hubungan arus pendek listrik ataupun konsleting dari alat yang menggunakan listrik.
  • Saat anda bepergian meninggalkan rumah periksa kembali peralatan yang bisa menimbulkan percikan api ,
                   seperti kompor , obat nyamuk bakar , atau lilin dan sebagainya.
  • Selalu awasi anak kecil yang berada dirumah anda,
                   karena biasanya anak kecil jika tidak diawasi  dengan baik akan melakukan hal-hal yang berbahaya yang bisa memicu terjadinya kebakaran, seperti menyalakan kompor sembarangan dll .karena mereka masih belum mengerti tentang apa yang mereka lakukan itu berbahaya atau tidak
  • Matikan api rokok terlebih dahulu ketika akan membuangnya               ini nih hal yang dulu pernah saya alami ketika rumah saya yang disamping kanan dan kirinya masih berupa rumput , gara - gara seputing rokok yang dibuang orang sembarangan tanpa dimatikan terlebih dahulu membuat rumput-rumput yang kering tersebut karena saat itu musim panas , menjadi terbakar hebat  , dan hampir membuat rumah saya juga ikut terbakar , beruntung saat itu banyak warga yang lewat yang ikut membantu memadamkan api ,jika tidak mungkin akan lain ceritanya. jadi bagi sobat - sobat yang merokok matikan dulu ya rokoknya sebelum dibuang , karena bisa mengakibatkan bencana yang tidak kita inginkan apabila tidak kita matikan.
  • Selalu periksa gas elpiji yang anda gunakan
                   
    Ini bagi para ibu-ibu ni , didapurnya masak pake apa ? masih menggunakan kompor  minyak atau sudah menggunakan kompor gas ? Bagi para ibu-ibu yang sudah menggunakan kompor gas , sebelum mulai menyalakan kompornya ,alangkah baiknya apabila kalian mau meluangkan waktu sedikit untuk sekedar mencek tabung gas yang kalian gunakan , apakah masih layak dipakai atau tidak , dan juga selangnya sudah terpasang dengan baik atau belum ,dan hal-hal lainnya. karena banyak sekali kasus kebakaran yang diakibatkan kompor gas meledak gara-gara kurang perhatian dari penggunanya. nah bagi para ibu-ibu yang masih menggunakan kompor minyak juga harus hati-hati ya , karena banyak juga kasus kebakaran yang diakibatkan oleh kompor minyak

           ok sobat , saya pikir itu dulu tips yang saya berikan dalam hal mengantisipasi kebakaran yang sangat merugikan.semoga bermanfaat bagi kalian, jika ada kritik dan tambahan silahkan komentar dibawah ya, salah khilaf mohon maaf , ass.wr.wb.
Title: MUSIM PANAS TIBA BENCANA KEBAKARAN PUN SIAP MENGHADANG ; Written by CV.BERKAT UTAMA; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar